Gubernur Anies Panen Duku dan Salak di Condet

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memanen buah duku dan salak di kawasan Condet, Kelurahan Balekambang, Kramat Jati, Jakarta Timur. 

Pada kesempatan ini, Anies bahkan sempat memetik buah duku dari pohonnya setinggi tujuh meter dan langsung mencicipinya. Anies juga mencicipi buah salak yang baru dipetiknya langsung dari pohon.

"Buah duku dan salak Condet ini rasanya sangat khas, enak sekali. Saat memakan duku, rasanya tidak mau berhenti," kata Anies di lokasi, Kamis (14/3). 

Dikatakan Anies, kawasan kebun duku dan salak seluas 3,4 hektare ini dikenal sebagai Cagar Budaya Condet. Menurutnya, ini merupakan suatu hal yang unik. Karena di tengah kota Jakarta yang banyak terdapat gedung bertingkat, ternyata masih terdapat kawasan yang suasananya seperti di pedesaan. 

"Saya mengajak masyarakat Jakarta untuk sering berkunjung ke sini (Cagar Budaya Condet -red). Selama ini kan anak-anak tahunya buah ada di meja tapi tidak tahu pohonnya. Makanya datang ke sini," lanjut Anies. 

Anies berharap, warga Jakarta bisa memanfaatkan kawasan Cagar Budaya Condet sebagai sarana wisata edukasi. 

"Ini wahana pembelajaran, rekreasi sekaligus cagar budaya. Cagar ini juga aset yang harus dilestarikan," tandasnya.(p/ab)